Friday, October 6, 2017

PSB CIKARANG SEKITARNYA (PUNGUAN SITOHANG BORU-BERE CIKARANG SEKITARNYA)

Dalam rangka memperkuat tali persaudaraan, menjaga dan melestarikan adat istiadatnya, suku batak pada umumnya memiliki filosopi yaitu DALIHAN NATOLU. Dalihan Natolu jika diterjemahkan secara langsung ialah tungku berkaki tiga. Akan tetapi bagi orang batak, Dalihan Natolu adalah sebuah filosofi yang melingkupi tiga kedudukan yang tidak terpisahkan.
1. Somba Marhula-hula.
Somba = sembah
Marhula-hula berasal dari kata Hula-hula yang artinya adalah kelompok marga istri, mulai dari istri kita, kelompok marga ibu (istri bapak), kelompok marga istri opung, dan beberapa generasi; kelompok marga istri anak, kelompok marga istri cucu, kelompok marga istri saudara dan seterusnya dari kelompok dongan tubu.
Maka Somba Marhula-hula dapat diartikan hormat kepada kelompok yang sudah disebutkan diatas.
2. Elek Marboru=lemah lembut tehadap boru/perempuan. Berarti rasa sayang yang tidak disertai maksud tersembunyi dan pamrih. Boru adalah anak perempuan kita, atau kelompok marga yang mengambil istri dari anak kita(anak perempuan kita). Sikap lemah lembut terhadap boru perlu, karena dulu borulah yang dapat diharapkan membantu mengerjakan sawah di ladang. Tanpa boru, mengadakan pesta suatu hal yang tidak mungkin dilakukan.
3. Manat Mardongan Tubu/sabutuha, suatu sikap berhati-hati terhadap sesama marga untuk mencegah salah paham dan menghindari jangan sampai terjadi pertikaiaan. Hati–hati dengan teman semarga. Kata orang tua-tua “hau na jonok do na boi marsiogoson” yang berarti kayu yang dekatlah yang dapat bergesekan. Ini menggambarkan bahwa begitu dekat dan seringnya hubungan terjadi, hingga dimungkinkan terjadi konflik, konflik kepentingan, kedudukan, dan lain-lain. Demikian penjelasan singkat tentang Dalihan Natolu. 
Untuk menjaga keutuhan Dalihan Natolu Tersebut, para tokoh-tokoh adat Batak mewacanakan berbagai acara ataupun kegiatan yang dapat mendukung keutuhan Dalihan Natolu tersebut. Ada banyak bentuk acara/kegiatan yang lazim kita dengar diluar acara adat tentunya, yaitu Bona Taon dan Arisan. Maka dari itu Penulis disini hanya membahas sesuai Judul PSB CIKARANG SEKITARNYA (PUNGUAN SITOHANG BORU-BERE CIKARANG SEKITARNYA) 

PSB CIKARANG SEKITARNYA
Berdiri sejak ...

No comments:

Post a Comment